Apakah Aman Paprika Digunakan untuk MPASI Si Kecil? Berikut Penjelasannya!

 

 

Membahas mengenai MPASI yang dimulai oleh si kecil tentu para ibu semangat sekali, apalagi jika bayi selalu lahap setiap menerima menu masakan baru. Untuk membuat anak memiliki lebih banyak cepat mengenal jenis makanan, Anda bisa memulai untuk mengganti bahan ataupun bumbu yang digunakan. Dari sekian banyak jenis bumbu sayur, paprika menjadi salah satu yang cukup asing untuk bayi. Tahukah Anda jika bahan makanan satu tersebut cukup banyak digemari oleh orang-orang? Ya, bisa jadi si kecil juga lahap ketika menerima jenis bahan masakan yang satu tersebut. Namun sebelumnya, apakah paprika aman untuk si kecil?

Kandungan Nutrisi Paprika

Paprika masuk dalam jenis cabai, dimana selain penambah rasa dan aroma ternyata sayuran tersebut juga memiliki manfaat lain untuk mendukung kesehatan. Hal itu tentu karena didalam paprika terdapat banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti adanya kandungan vitamin A dan vitamin C yang diperlukan untuk mendukung kesehatan kulit, mata serta imunitas tubuh. Fakta yang beredar paprika memiliki jenis vitamin C lebih tinggi dari pada jeruk. Ditambah lagi adanya kandungan vitamin B6 yang bermanfaat membakar energy si kecil serta mengatur hormon sebagai suasana hati.

Perbedaan Warna Paprika, Beda Kandungan

Jika melihat dipasaran, Anda akan menemukan banyak sekali jenis paprika yang masing-masing mempunyai warna, rasa serta karakteristik lainnya yang beda. Mulai dari paprika hijau, orange, kuning, sampai dengan merah yang dinilai sudah matang. Selain warna yang sudah disebutkan ternyata masih banyak warna unik lainnya yang bisa ditemui, seperti warna ungu. Dikatakan paprika kuning dan merahlah yang memiliki lebih banyak vitamin C dari pada jenis yang lain. Cocok untuk dijadikan perpaduan dengan makanan yang kaya zat besi seperti kacang-kacangan.

Kapan Bayi Bisa Mengkonsumsi Paprika

Sebenarnya paprika sudah bisa langsung diberikan kepada bayi ketika si kecil mulai mengenal makanan yaitu ketika usia 6 bulan. Namun seperti saat pemberian jenis bahan makanan lainnya, ibu tetap harus memperhatikan apakah ada tanda bayi mengalami masalah ketika diberi paprika. Selain itu pastikan jika buah hati Anda sudah siap menerima jenis bahan yang satu ini, dimana kesiapan itu ketika mengunyah atau menelan. Karena umumnya pengolahan paprika tidak terlalu lama, artinya dimakan secara langsung saja bisa bermanfaat dan aman.

Tips Menyajikan Paprika Bagi Bayi

Kemampuan mengunyah dan mencerna makanan satu bayi dengan lainnya berbeda-beda. Hal itu tergantung pula dengan usia, makanya bahan makanan yang disajikan harus disesuaikan pula. Bagi bayi dengan usia 6 bulan sampai dengan 9 bulan gunakan paprika sekitar seperempat, bisa dipanggang ataupun direbus. Bisa pula langsung diberikan tanpa diolah namun dengan menyisihkan biji, kulit dan batang lalu iris tipis untuk dijadikan finger food anak. Usia lebih dari 9 bulan pasti kemampuan mengunyah lebih baik, bisa memberikan paprika dengan lebih beragam olahan.

Pada dasarnya apapun jenis bahan makanan alami itu boleh saja diberikan kepada bayi, asal sesuai dengan kesiapan anak. Apalagi beberapa jenis paprika memiliki rasa yang cenderung pedas sehingga harus diperhatikan oleh ibu. Apapun jenis bahan makanan yang diberikan pastikan pula dari bahan berkualitas. Sama seperti produk dari TaniHub yang menghadirkan banyak variasi buah, sayur dan bahan pokok lainnya dari tangan pertama petani. Sehingga ketika Anda memesan sekarang bisa langsung diantar kedepan pintu rumah Anda masih dalam kondisi segar. Nah, belanja aman, nyaman, murah dan berkualitas tentu di TaniHub tempatnya.

Leave a Comment