Mana yang Lebih Baik, Menyimpan Telur di Kulkas Atau di Luar?

Sebenarnya mana yang lebih baik sih, menyimpan telur di dalam kulkas atau menyimpannya di dalam suhu ruang?

Kita tahu bahwa kulkas adalah lemari penyelamat untuk kesegaran makanan agar tetap bertahan lama. Namun, untuk telur ayam negeri, apakah lebih baik disimpan di dalam kulkas?

Dilansir dari dailymail.co.uk, menyimpan telur dalam kulkas akan membuat telur lebih sehat, sebab dalam suhu di bawah 20 derajat celcius, umumnya bakteri akan sulit berkembang. Terutama bakteri salmonella yang cukup berbahaya bagi ibu hamil. Sehingga telur menjadi awet dan tetap segar. Namun, yang harus diingat, jangan menyimpan telur di dalam kulkas lebih dari 6 minggu.

Foodsafety.gov, menuliskan, telur mentah bisa disimpan dalam lemari es sampai selama 3-5 minggu. Namun, terlebih dulu cek tanggal pengemasan telur di karton untuk menentukan berapa lama kita bisa menyimpannya di lemari es.

Sebaiknya menyimpan telur tidak di pintu kulkas, sebab pintu kulkas yang kerap dibuka tutup akan memberi pengaruh kurang baik pada kondisi telur. Simpanlah telur pada wadah tertutup sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Telur yang akan digunakan, sebaiknya tunggu sampai dinginnya hilang, baru diolah. Terutama bagi Anda yang rajin membuat kue. Ada kue yang malah rusak jika pakai telur dari kulkas.

Bila Anda yang menyukai menyimpan telur di wadah dalam suhu ruang (bukan di kulkas), pastikan tidak lebih dari 7 hari.

Cara Menyimpan Telur Selama Pandemi Agar Kualitas Gizi Tak Berkurang

Menjaga daya tahan tubuh jadi salah satu cara untuk terhindar dari risiko virus corona atau Covid-19. Hal itu bisa didapatkan dari sejumlah asupan, salah satunya ialah protein yang bersumber dari nabati dan hewani.

Tetapi saat masa pandemi Covid-19 setiap orang diminta melakukan karantina mandiri di rumah. Otomatis kegiatan belanja kebutuhan pokok di pasar jadi berkurang.

Karena itu perlu menyimpan sumber makanan yang setidaknya bisa bertahan hingga satu minggu. Namun, telur harus disimpan dengan benar agar kualitas gizinya tidak berkurang meski disimpan selama berhari-hari.

Setelah cara penyimpanan telur yang aman, selanjutnya, telur bisa dicuci terlebih dahulu. Kemudian baru disimpan di dalam kulkas dan telur bisa bertahan hingga 14 hari. Sebaiknya, telur disimpan di kulkas bagian dalam. Sebab jika disimpan di pintu kulkas, suhunya tidak seimbang karena sering terpapar udara luar saat kulkas dibuka.

Namun jika terpaksa, sebaiknya jangan terlalu banyak menyetok telur di kulkas agar lebih cepat habis dikonsumsi dan tidak mengurangi kualitas gizinya.

Leave a Comment